Chat WA Only: 0813-9873-9045

Tips untuk Apply lewat Situs Lowongan Kerja

Sekarang ini gampang banget cari info kerja, mulai dari event job fair, langsung dari website perusahaan, atau yang paling praktis, melalui situs lowongan kerja. Saat ini, memang ada banyak sekali situs lowongan kerja yang bisa membantu mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang kamu inginkan dan sesuai dengan kemampuanmu. Hadirnya situs lowongan kerja tentu bukan hanya menguntungkan bagi para job seeker tapi juga memberikan kemudahan bagi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Banyak peerusahaan yang menggunakan pihak eksternal untuk rekrutmen. So, jangan hawatir untuk coba-coba pekerjaan yang cocok dengan spesifikasi baik skill maupun jarak.

Adanya situs lowongan kerja jauh lebih efisien karena kamu hanya perlu membuka satu situs untuk mendapatkan banyak sekali rekomendasi pekerjaan dari perusahaan yang berbeda, dibandingkan dengan kamu harus mengunjungi website perusahaan satu per satu. Selain itu, kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengurus hanya satu lamaran pekerjaan. Dengan situs lowongan kerja, kamu hanya membutuhkan beberapa menit di depan laptopmu untuk dapat mengirim beberapa lamaran kerja. Tapi sebelum kamu apply pekerjaan kewat situs lowongan kerja, perhatikan tips berikut ini.

Tentukan pekerjaan yang kamu inginkan
Sebelum mencari pekerjaan melalui situs lowongan kerja, tentu saja kamu harus mengetahui lebih dulu pekerjaa yang kamu inginkan. Situs lowongan kerja biasanya mengharuskan kamu untuk menentukan preferensimu agar mereka dapat mengetahui rekomendasi lowongan pekerjaan seperti apa yang akan ditawarkan padamu.

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, apply pekerjaan yang memang relevan untukmu dan yang kedua adalah jangan apply pekerjaan yang tidak kamu inginkan. Jika hanya asal mencoba apply padahal kamu tidak menginginkan pekerjaan tersebut, kamu mungkin akan menolak tawaran wawancara atau bahkan menolak pekerjaan tersebut setelah benar-benar mendapatkannya. Hal ini akan sangat membawa dampak buruk bagi perjalanan karier kamu karena dianggap tidak menghargai tawaran dari perusahaan.

Tingkatkan ketelitian
Tips selanjutanya untuk apply pekerjaan lewat situs lowongan kerja adalah menjadi teliti pada setiap pekerjaan yang akan kamu apply. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kamu lebih baik memilih pekerjaan yang relevan untukmu. Bagaimana cara mengetahui relevan atau tidaknya suatu pekerjaan? Kamu harus memerhatikan kualifikasi pekerjaan tersebut dengan baik. Beberapa pekerjaan mungkin saja memiliki kualifikasi yang terkait dengan gender, umur, atau pun pendidikan wajib. Jika merasa tidak memenuhi syarat, lebih baik kamu mencari lowongan lainnya. Memerhatikan kualifikasi akan sangat membantu situs lowongan kerja dan perusahaan agar dapat menemukan kandidat yang tepat dengan lebih cepat.

Selain itu, ketelitian juga sangat diperlukan ketika kamu harus mengisi segala informasi tentangmu di situs lowongan kerja. Kesalahan informasi dapat memperkecil kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Sebagian perusahaan yang memasang lowongan di situs lowongan kerja juga mungkin saja memberikan perintah tambahan seperti mengirim portofolio atau mengirim resume langsung ke alamat email yang dicantumkan. Pastikan kamu tidak melewatkan informasi seperti ini. Biasakan untuk double check segala hal yang kamu lakukan agar semuanya dapat berjalan lancar.

Persiapkan CV-mu dan lihat referensi sebanyak-banyaknya
Salah satu hal paling krusial dari melamar pekerjaan adalah CV yang harus kamu persiapkan, apalagi jika kamu melawar lewat situs lowongan kerja. CV akan menjadi bahan penilaian yang menentukan layak atau tidaknya kamu maju ke langkah selanjutnya. Bukan hanya sekedar informasi yang memuat riwayat hidup dan pengalaman kerja, CV adalah representasi dari diri kamu sendiri yang dikemas sebaik mungkin. Agar dapat memastikan bahwa CV kamu bagus dan layak, kamu harus melihat sebanyak-banyaknya CV yang dapat kamu jadikan contoh dan perbandingan. Semakin banyak yang kamu lihat maka akan semakin mudah untuk kamu menyusun CV untuk segera dapat kamu upload ke situs lowongan kerja.

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting ketika apply lewat situs lowongan kerja adalah mengisi data pengalaman kerja dengan lengkap. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa dengan menuliskan posisi pekerjaan dan nama perusahaan saja sudah cukup, padahal akan lebih baik jika kamu menuliskannya lebih lengkap lagi. Informasi seperti gaji yang kamu terima pada pekerjaan sebelumnya, alamat tempat kamu bekerja sebelumnya, ataupun data dan kontak supervisor kamu sebelumnya mungkin saja dibutuhkan. Semakin rinci informasi yang kamu berikan, maka akan semakin meyakinkan bahwa kamu memang pernah bekerja di sana.

CV yang sempurna harus juga diantar oleh cover letter atau surat lamaran kerja yang baik. Saat apply melalui situs lowongan kerja, kamu biasanya akan dipersilahkan untuk menulis sebuah cover letter. Jangan sampai kamu melewakannya. Cover letter adalah kesempatan kamu untuk menyapa recruiter dan menunjukkan siapa dirimu agar perusahaan tertarik untuk melihat resumemu lebih jauh. Tulislah cover letter yang jujur dan dapat menonjolkan keistimewaan dalam dirimu, kamu juga bisa menunjukkan apa hal yang menjadi ketertarikanmu termasuk juga alasan mengapa kamu tertarik dan pantas untuk pekerjaan yang kamu apply.

Jangan malas untuk menulis
Kamu sudah mendapatkan banyak kemudahan yang diberikan situs lowongan kerja, seharusnya kamu tidak memiliki alasan lagi untuk menjadi pemalas. Meskipun pekerjaan yang kamu apply di situs lowongan kerja adalah jenis pekerjaan yang sama, tapi kamu tidak boleh hanya melakukan copy-paste saat dipersilahkan menulis cover letter ataupun mempromosikan diri secara singkat. Kenali perusahaan yang akan kamu apply, sehingga kamu tahu apa yang harus kamu tulis dan yang mungkin menarik hari perusahaan untuk menerima kamu.

Isi semua bagian dalam formulir meskipun tidak wajib
Sebagian situs lowongan kerja mungkin saja tidak mewajibkan kamu untuk menuliskan cover letter atau pengantar untuk mempromosikan dirimu. Sebagian situs lowongan kerja lainnya juga tidak mewajibkan kamu mengisi semua section yang sediakan untuk melengkapi data kamu. Meskipun tidak wajib, usahakan untuk mengisi semua section yang ada. Mungkin tidak terpikirkan bahwa mungkin saja perusahaan melihat seberapa lengkap dan detail profilmu dalam situs lowongan kerja. Tapi, hal seperti ini mungkin saja bisa terjadi. Jangan buang kesempatan dan membiarkan orang lain memiliki profil yang lebih lengkap dari dirimu.

Selalu perbarui profilmu secara berkala
Kemudahan apply lewat situs lowongan kerja mungkin membuat kamu melupakan banyak hal. Selain apply kerja secara berkala, kamu juga harus secara berkala memperbarui profilmu. Jika tidak biasa melakukannya, resume yang sampai pada perusahaan mungkin saja akan berbeda dengan keadaanmu saat ini dan kamu kehilangan kesempatan. Seperti jika kamu lupa bahwa kamu sudah mengganti nomer ponsel atau alamat emailmu yang membuat perusahaan tidak dapat menghubungimu atau kamu melewatkan kesempatan memasukkan pengalaman kerja atau project yang belum lama kamu lakukan padahal hal tersebut dapat meningkatkan kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan.

Itu dia 8 tips yang harus kamu perhatikan saat apply pekerjaan lewat situs lowongan kerja. Semoga tips tersebut dapat semakin memudahkan kamu mendapat pekerjaan. Jadilah pencari kerja yang cerdas dan dapat memanfaatkan situs lowongan kerja dengan maksimal. Jangan sampai kamu melewatkan banyak kesempatan hanya karena malas dan kurang teliti.

Sumber: irmutia.wordpress.com

0/5 (0 Reviews)

Leave your thoughts

Jl. Kalimalang Raya Bekasi

0813-9873-9045

info@bgawe.info